Agama Zarathutra

Zarathutra adalah agama yang di anut bangsa Persi pada masa itu . literatur Arab menyebut nya denga agama Majusi , atau literatur barat menyebut nya  Mazdaism  Keyakinan di dalam agama ini meyakini bahwa  , alam semesta ini di kuasai oleh dua kodrat Yaitu Ahura-Mazda (Ormudz) kodrat Maha Bijaksana dan Angro-Mayu (Ahriman). Kodrat Angkara Murka yang mana dua sfat ini saling bertentangan dan berlawanan.

Kepercayaan Agama ini mewajibkan ; setiap Manusia harus menpunyai kodrat Maha Bijaksana. Dengan melaksanakan pemujaan dan kebaktian terhadap kedua kodrat tadi , dan menghayati Fikirah yang baik (Humata), Kata yang baik (Huk hata), dan Perbuatan yang baik (Havarsta) Lambang dari Ahuru Mazda adalah api. Maka di setiap Kota dan tempat berdiri nya kuil api (Fire Temples) untuk tepat pemujaan dan kebaktian diselenggarakan , yang dipimpin oleh para pemuka agama (Destur Mobed) dan pelyan kebaktian (Herbed) .

Api air dan tanah di pandang suci , oleh sebab itu orang wafat tidak di kubur , akan tetapi di tempatkan pada bangunan  tinggi (Menara Senyap)  yang khusus didirikan untuk penempatan mayat , yang akan menjadi santapan burung Nasar. Para penganut agama ini  pada setiap senja menjelang Matahari terbenam , menuju pantai atau danau ataupun sungai untuk membasuh keningnya lalu menundukan ke empat penjuru mata angina sambil mengucapkan kata kata khusus .Menurut kepercayaan mereka . Pada akhir zaman , kezaliman sudah merajalela maka Shayosant akan turun menbangu kerajaan penuh keadilan di muka bumi
.                                 
Bila kiamat dating dan disusul denga hari kebangkitan umat Ahura -Mazda memegang kekuasaan penuh pada masa itu . Setiap manusia harus melintasi  Civanto- Peretu, yaitu sejenis titian yang lebih halus dari di belah tujuh , terbentang di atas arus gelombang caian logam panas menyala nyala . Agro-Mayu dan pengikutnya akan tergelincir dan terbakar selama lamanya di dalam api siksaan (Gehannama).

Ahura-Mazda pada akhirnya memusnakan yang jaha jahat itu.tetap bagi mereka yang memuja dan berbakti kepada Ahuru-Mazda akan selamat , dan blia melintasi Civanto- Peretu laksana kilat , langsung masuk Paridaiza (Surga Firdaus)

Agama Zarathutra Agama Zarathutra Reviewed by Sibun Debay on 4:26 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.